BACA DENGAN SEKSAMA PETUNJUK DIBAWAH INI

Bacalah petunjuk penggunaan aplikasi satu data dibawah ini dengan cermat dan teliti, sehingga dapat membantu anda mengoperasikan aplikasi satu data ini.

1.Dashboard

Silahkan anda klik menu DASHBOARD untuk masuk kehalaman ini.Pada halaman dashboard ini terdapat beberapa fitur diantaranya sebagai berikut :

a.Peta

Pada peta ditampilkan informasi jumlah penduduk pada setiap kecamatan, jumlah yang mendapat bantuan, jumlah sekolah dan informasi pendukung lainnya.

b.Grafik

Grafik adalah hasil terjemahan dari informasi jumlah penduduk pada setiap kecamatan, jumlah yang mendapat bantuan, jumlah sekolah dan informasi dalam bentuk grafik.

c.Data Value

Data value menampilkan informasi jumlah penduduk pada setiap kecamatan, jumlah yang mendapat bantuan, jumlah sekolah dalam bentuk angka atau numerik.

2.Dataset

Silahkan anda klik menu DATASET untuk masuk kehalaman ini.Pada halaman dataset ini ditampilkan informasi dataset berupa judul dataset, deskripsi dataset, ekstensi file dan tanggal file diupload. Jika anda ingin melihat informasi metadata dari sebuah dataset, silahkan anda klik pada judul dataset yang ingin anda lihat. Untuk mendownload filenya silahkan anda klik pada tombol yang bertuliskan ekstensi dan tanggal file.

3.Pencarian

Silahkan anda masukkan kata kunci pencarian dataset yang diinginkan, kemudian klik tombol dengan icon pencarian, maka anda akan dibawa kehalaman hasil pencarian dataset.

Setelah anda klik tombol pencarian, maka hasil pencarian dataset akan ditampilkan seperti contoh berikut ini.

4.Informasi Metadata

Pada halaman ini menampilkan informasi metadata dari sebuah dataset. Halaman ini adalah sebagai berikut :

5.Login

Untuk dapat mengakses fitur utama pada aplikasi ini anda harus LOGIN. Silahkan anda klik icon user pada pojok kanan atas kemudian pilih Login.

Setelah muncul halaman loginnya silahkan ikuti intruksi berikut ini :